My Memory











{November 8, 2010}   Perbedaan WordPress.com dengan WordPress.org

Dewasa ini internet selain sebagai media informasi juga sebagai hiburan bagi semua orang bahkan penggabungan antara hiburan dan informasi salah satunya adalah memiliki sebuah weblog. Salah satu blog yang sudah dikenal orang adalah WordPress. Sesuatu yang seringkali membingungkan banyak orang adalah perbedaan di antara WordPress.org dan WordPress.com. Penjelasan mengenai hal tersebut dapat saya jelaskan berikut ini. WordPress.org merupakan sebuah sofware blog yang bebas (free). Dengan WordPress.org, anda bisa memasang tema (themes) dan plugins, memasang iklan, menyunting (mengedit) database dan juga dapat mengubah kode sumber (source code) PHP.

LOGO WORDPRESS

Istilahnya WordPress.org adalah rumah dari software (perangkat halus) ini. Siapa saja bisa mendownload software (perangkat halus) secara bebas tetapi harus diinstall pada server jaringan (web server) sebelum berfungsi sebagai blog. Pada umumnya ada yang gratis (free) maupun berbayar tergantung dari minat masing-masing. Dengan memiliki web server sendiri software WordPress bisa menjadi suatu kesenangan, selain itu juga bisa mengontrol secara penuh pada blog.Jika anda salah mengurus server jaringan anda, anda bisa kehilangan seluruh blog.

Untuk yang gratis pada WordPress.org menyediakan downloadable blog software, community mailing lists, community support forums, hosting recommendations, documentation, and free themes and plugins.

Sedangkan WordPress.com berbeda. Anda tidak mempunyai sofwtare (perangkat halus) untuk di download, membayar untuk hosting suatu domain, atau mengelola server jaringan. Jika anda mendaftarkan diri pada WordPress.com maka akan mendapatkan alamat URL misalnya,

http://mrheb.wordpress.com

Anda tidak dapat mengakses untuk mengubah software (perangkat halus) atau database; FTP dan akses lainnya. WordPress.com didasarkan pada sofware multi-pemakai yang tidak mengizinkan untuk uploading tema PHP atau plugins. Javascript dan CSS juga dibatasi karena keamanan. Apa yang bisa anda lakukan di WordPress.com ialah blog yang bebas untuk menulis.

Untuk yang gratis alias tak ada ongkos, WordPress.com menyediakan jaringan, penyimpanan database yang tak terbatas, software upgrade otomatis, himpunan forum bantuan, administrasi multibahasa dan tema, statistik lalu-lintas situs, pelacakan komentar, rangking untuk blog dan posting artikel. Seluruh fasilitas itu akan didapatkan pada blog WordPress.com ketika anda mendaftar.

WordPress.com adalah perusahaan komersial yang dimiliki oleh Automattic, sebuah perusahaan oleh pengembang pendiri WordPress dan dengan staff yang selalu mendukung pengembangan secara penuh sebagai perancang dan agen bantuan. Berdasarkan pemakai multi versi WordPress yang disebut WordPress MU. WPMU adalah sofware (perangkat halus) bebas (free). Pengembangan ini disponsori oleh Automattic secara teratur dan terus menerus sehingga dapat memperoleh keuntungan

WordPress.com menawarkan untuk bisa di upgrade menjadi anggota premium (berbayar). Dalam mengupgrade tidak ada paksaan alias suka rela. Pada dasarnya blog dalam WordPress.com bebas alias tidak berbayar, namun untuk meningkatkan tampilan bisa di upgrade menjadi berbayar. Semua itu tergantung pada masing-masing pihak, apakah sudah cukup tampilan secara gratis, jika kurang puas bisa melakukan upgrade.

Sumber : http://www.gammanet.com



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: