My Memory











{Maret 28, 2011}   Online Markets ( Pasar Online )

Ketika Anda pertama kali mulai menjelajahi dunia internet marketing, Anda akan sering mendengar orang berbicara tentang berbagai pasar online/ market online.

Apa sih yang dapat kita hasilkan lewat internet ? Kenyataanya banyak sekali orang menghasilkan dollar hanya dengan berbisnis lewat internet. Salah satunya tentu saja dengan berjualan di internet.

 

Anda tertarik berjualan lewat internet?

 

Sering kali muncul pertanyaan-pertanyaan seperti ini :

* Saya mau jualan apa ya di internet ?

* Produk apa yang laku lewat internet?

* Apakah saya punya produk sendiri?

* Apa yang sekarang lagi banyak dicari orang?

 

Lakukan riset, apakah produk yang akan dijual ada target marketnya ? Kalau jualan barang tapi tak ada yang membutuhkan/membeli buat apa? percuma alias mubadhir. Dan tak akan menghasilkan apa-apa, padahal udah capek-capek ngejual.

Karena itu carilah produk yang ada pangsa pasarnya atau target marketnya!  Yuupp….

Target market atau pangsa pasar adalah informasi yang sangat penting untuk diketahui. Karena dari situlah kecil atau berapa besar penghasilan yang akan diperoleh.

Dengan menjalankan bisnis ini tentu saja kita mengharapkan keuntungan yang besar kan?  ^.^

Bagi seorang pemula, mungkin akan merasa kesulitan untuk mendapatkan bisnis apa yang bisa dijalankan di internet. Informasi apa dan berapa banyak orang yang mencari suatu topik berdasar “kata kunci” atau keyword tertentu. Cari dan gali target market yang akan anda kembangkan dan nikmati keuntungannya.

Sebenarnya apa saja yang perlu di dipahami sebelum kita terjun di dunia pasar online :

Apakah Selalu mengikuti Trend Bisnis Online?

Tidak ada salahnya Anda selalu mengikuti trend bisnis online yang menjadi marak pada saat ini. Akan tetapi Anda tidak boleh lupa bahwa internet adalah ladang bisnis Internasional dimana sesuatu yang menjadi trend dan dikejar-kejar oleh para pebisnis online adalah hal yang sifatnya kompetisi.

Persaingan menjadi sangat ramai dikarenakan mereka berbondong-bondong mencoba peluang trend seperti Adsense tadi. Jika Anda salah menerapkan strategi bisnis online, maka Anda akan selalu berada pada jalur yang sama dan mengalami keputusasaan dalam mengejar target income Anda.

Sebagai contoh konsep utama strategi bisnis yang sering dibicarakan pada saat ini adalah Search Engine Optimization (SEO). SEO merupakan kunci utama kesuksesan Anda dalam mengejar pengunjung / traffic dari situs pencari seperti google, yahoo, msn, dan lain-lain.

Jika Anda ingin memulai segmentasi pasar Paid Per Click, maka Anda harus menguasai SEO dan seluk beluk konfigurasi situs Anda dalam mengejar top hits pengunjung dari situs Pencari.

 

Anda tidak bisa lari dari Segmentasi

Saya bangga dengan Mas Cosa yang telah membuka rahasia strategi bisnis Adsense yang bukan omong kosong dan sudah diterapkan kedalam artikel blog Om Cosa. Jika Anda ingin mengambil madu dari sarangnya, maka Anda harus tahu bagaimana cara untuk menghindari sengatan lebah madu tersebut.

 

Fokus pada Segmentasi Bisnis Online adalah satu cara yang terbaik dalam permulaan menerawang kedalam dunia bisnis Online. Segmentasi lebih cenderung kepada spesifikasi bidang bisnis Anda.

 

Kenapa harus spesifik?

Bayangkan saja! ada jutaan situs besar yang menyajikan informasi yang lebih bersifat umum dan Anda harus ikut kedalam dunia persilatan tersebut. Bagaimana dengan waktu yang terbuang dalam bersaing? dan Apakah Anda sudah yakin bahwa bidang tersebut sifatnya jangka panjang?

Ada lebih dari ratusan cara untuk menghasilkan uang dari internet, dan juga ada ratusan peralatan perang yang bisa Anda gunakan dalam berbisnis online. Jangan buang waktu Anda untuk selalu meneliti dan tanpa melakukan action. Dan terus terang bisa saya katakan 100% research dan 0% action adalah tindakan membuang waktu Anda untuk sukses.

 

Action by Learning

  • Jika Anda mendapatkan sesuatu dan langsung melakukan praktek, maka Anda akan langsung tahu efek samping dari hasil implementasi yang telah lakukan.
  • Hanya belajar tanpa menerapkan didalam dunia bisnis hanyalah membuang waktu yang percuma.
  • Memulai sebuah segmentasi berarti Anda harus bisa menentukan satu pilihan pasar online yang akan Anda targetkan.
  • Jika Anda hanya terpaku kepada apa yang orang lain berikan tanpa improvisasi, maka Anda akan selalu diarahkan untuk membuat mereka menghasilkan uang lebih banyak.

 

Apakah Google Page Rank menjadi begitu Penting?

Banyak orang mengatakan bahwa mendapatkan Ranking dari Google (Google Page Rank) adalah sesuatu pencapaian yang luar biasa. Bagi seorang entrepreneur sejati, Google Page Rank hanyalah sebuah indikator untuk mengkalkulasi perkembangan situs anda.

.. Satu hal yang lebih penting adalah ..

Bagaimana segmen situs Anda mempunyai nilai jual atau manfaat bagi orang lain?

Jika Anda mampu memberikan yang terbaik untuk membuat situs Anda, berikut ada pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri Anda sendiri:

  1. Apakah isi Situs Anda memberikan manfaat yang luar biasa bagi pengunjung Anda?
  2. Apakah produk yang Anda tawarkan merupakan segmentasi bisnis yang benar2 berkualitas?
  3. Apakah isi situs Anda hanya sekedar untuk menawarkan produk? atau ada Layanan Tambahan seperti dukungan online support, Feedback komplain customer, dan sebagainya.
  4. Apakah informasi situs yang Anda publikasikan benar-benar berguna bagi pembaca situs Anda?

Seluruh Faktor-faktor yang mempengaruhi sebuah situs merupakan fondasi bisnis Online Anda terhadap efek Return in Visitor (pengunjung yang akan kembali lagi ke situs Anda dikemudian waktu).

Jika Anda salah memilih segmentasi Pasar Online, maka segeralah mencari yang lebih masuk akal dan realistis. Karena pada kenyataannya banyak segmentasi pasar online yang sifatnya hanya sementara dan hal tesebut bukan lah pencapaian passive income (kebebasan finansial).



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: