My Memory











{Oktober 15, 2012}   PENGANTAR BISNIS INFORMAT…

Membahas Sekilas Tentang Bisnis..

Dalam ilmu ekonomi, bisnis merupakan suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan keuntungan ( laba ). Secara historis kata bisnis dari bahasa inggris yaitu business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

 

Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.

 

Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.

 

Pengertian Bisnis Informatika

Bisnis informatika merupakan suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet. Bisnis informatika berkembang dengan pesat akhir – akhir ini seiring dengan berkembang pesatnya pula teknologi informasi. Karena Bisnis Informatika muncul karena adanya peluang yang terdapat di dalam suatu teknologi informasi. Tidak dapat di pungkiri sekarang internet sudah mengalami pergeseran kebutuhan di dalam masyarakat. Yang dahulu Internet merupakan suatu kebutuhan pelengkap atau masih merupakan kebutuhan yang “mewah” bagi sebagian masyarakat, sekarang menjadi suatu kebutuhan sekunder ataupun kebutuhan primer. Karena sekarang kita dapat semakin mudah dan murah untuk mendapatkan akses internet. Hal ini tidak lepas dari semakin berkembangnya teknologi informasi.

 

Beberapa contoh Bisnis Informatika :

  1. E-Commerce

E-Commerce merupakan suatu usaha yang berkaitan dengan jual beli suatu barang dan jasa dengan bantuan internet, atau dengan kata lain menggunakan bantuan elektronik. Sekarang ini banyak sekali web-web penyedia e-commerce seperti www.kaskus.us , tokobagus.com ,dll. Dengan adanya e-commerce kita tidak perlu jauh-jauh pergi ketempat toko barang yang kita inginkan, tetapi cukup duduk manis dirumah dan pesan barang yang di inginkan. Tentu bisnis seperti ini juga memiliki kelemahan yaitu kita harus terhubung dengan internet, selain itu barang yang dilihat di foto belum tentu sama seperti yang diharapkan.

 

  1. Jasa Warnet

Bisnis warnet juga termasuk dalam bisnis informatika karena secara tidak langsung bisnis ini dilakukan dengan bantuan media teknologi informasi. Perkembangan bisnis warnet sangan pesat sekali seiring dengan perkembagan internet, kita ambil contoh saja yaitu perkembangan jejaring sosial seperti facebooktwiter , game online , dll. Semua itu akan menarik seseorang untuk datang ke tempat warnet, tentu usaha warnet merupakan peluang bisnis yang menjanjikan.

 

  1. Penyedia Jasa Berita dan infotainment online

Bisnis ini merupakan bisnin yang menyediakan jasa berita secara online. Dengan bantuan ini kita akan mendapat kan berita yang kita inginkan secara cepat dan tentunya up to date. Penyedia jasa ini seperti goal.com , detik.com , kapanlagi.com, dll.

 

Teknologi Informasi mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti internet.
Tidak dapat dipungkiri, Bisnis informatika berkembang dengan pesat akhir-akhir ini. Intenet sudah mengalami pergeseran di dalam kebutuhan masyarakat. Dahulunya, internet merupakan kebutuhan pelengkap atau masih merupakan kebutuhan yang mewah bagi sebagian masyarakat. Di zaman ini, kebutuhan internet sudahlah menjadi kebutuhan sekunder bahkan primer. Hal ini dikarenakan perkembangan pola pikir dan hidup masyarakat ditambah maraknya teknologi muktahir yang memungkinkan pencapaian informasi yang mudah didapat dan cepat. Akses internet pun kian mudah didapatkan. Hal ini mendorong para pebisnis untuk memanfaatkannya dengan beragam cara untuk memajukan usahanya.

 

Sejalan dengan cepatnya perkembangan bidang teknologi, perusahaan-perusahaan makin dipacu untuk menggunakan teknologi yang maju sebagai senjata untuk tetap survive dan memenangkan persaingan yang kian hari terasa ketat dan keras. Akhir-akhir ini penggunaan internet yang menjurus kepada cyberspace kelihatannya akan mendominasi seluruh kegiatan di atas permukaan bumi di masa kini dan masa datang dan secara umum akan berubah menjadi alat untuk persaingan antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya. Ini pun akan membawa dampak yang sangat besar bagi setiap perusahaan. Dampak pada aspek persaingan adalah terbentuknya tingkat kompetisi yang semakin tajam. Globalisasi ekonomi juga membuat perubahan menjadi konstan, pesat, radikal, serentak, dan pervasif. Sehingga perusahaan harus memiliki kemampuan yang cepat untuk beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi sehingga perusahaan akan mampu bersaing dengan para kompetitornya.

 

Membahas Lebih Dalam Tentang “Infotainment Online”

Masyarakat Indonesia sangat gandrung dengan berita, terutama berita kalangan selebritas atau dunia hiburan (infotainment) dikemas dan disiarkan oleh berbagai media dengan gencar.

Salah satu media untuk penyiaran infotainment adalah internet. Media teknologi informasi yang berita-beritanya dapat disiarkan dan beredar dengan cepat ini adalah salah satu media favorit para pemberita infotainment untuk menyiarkan berita. Ada banyak situs-situs khusus yang menjaring berita tentang infotainment dan salah satunya adalah Kapanlagi.com.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Di dunia maya Indonesia, Kapanlagi.com dikenal sebagai suatu situs portal berita yang cukup lengkap. Berita yang dimaksud khususnya adalah segmen infontainment menampilkan berita-berita yang sedang hangat beredar di masyarakat. Situs tersebut dapat diakses melalui alamat http://www.kapanlagi.com/.

 

Berita Selebritis Dunia

Informasi selebritis yang menjadi andalan situs ini dikemas dengan tampilan yang menarik. Di bagian depan, sudah ditampilkan berita terbaru yang diterima oleh redaksi kapanlagi. Selain itu, foto-foto dari para selebritis juga bias dilihat di halaman awal. Bukan hanya selebritas Indonesia tetapi juga banyak selebritas dari berbagai mancanegara yang bias dijumpai berbagi info maupun fotonya di kapanlagi.com ini.

 

Kapanlagi.com telah sadar bahwa identitasnya sebagai suatu situs infontainment harus bias menjangkau informasi yang bukan hanya meliputi Indonesia tetapi juga dunia. Dengan begitu, informasi yang dimiliki Kapanlagi.com menjadi lebih lengkap disbanding situs lainnya.

 

Berbagai Layanan Kapanlagi.com

Layanan yang saat ini tersedia di Kapanlagi.con meliputi berita selebritas, informasi tentang music, film . blog, arsip lirik lagu, celebrity quotes, kuis, profil selebritas, galeri foto, selebritas, dan lain-lain. Selain itu, situs ini juga menyediakan forum bagi para anggotanya untuk saling bertukar informasi dari berbagai bidang. Dan yang terbaru adalah layanan music store yang berguna untuk mendapatkan file music dari sebuah lagu secara resmi di situs ini. Layanan ini tentu sangat berguna mengingat banyaknya kasus pembajakan lagu-lagu yang semakin marak dengan adanya fasilitas internet. Ibaratnya ketika zaman dulu orang membajak lagu harus menggunakan media fisik, sekarang orang bias menyebar luaskan lagu melalui internet dan pembajakan ini jauh tidak terkendali dari pembajakan secara fisik.

 

Layanan berita Kapanlagi.com meliputi berita showbiz yang terdiri dari :

1.  Selebritis

Menampilkan berbagai macam berita mengenai selebriti baik dari dalam dan luar negeri.

 

2.   Musik

Menampilkan info mengenai para pemusik, baik penyanyi ataupun grup band yang mengeluarkan album barunya. Juga menyediakan pembelian lagu secara online dan juga ring tone dari lagu tersebut.

 

3.  Film

Memberikan berita tentang film-film terbaru yang beredar beserta berita-berita daripada pemainnya. Bekerja sama dengan pihak bioskop 21 untuk menanyangkan jadwal pemutaran film di bioskop.

 

3.  Hollywood

Memberitakan berita tentang dunia Hollywood, terutama berita tentang para pemain film yang sedang naik daun.

 

4. Asian Star

Memberikan berita tentang bintang-bintang Asia seperti Jepang, Korea dan Thailand.

 

5.  Sinetron

Memberitakan tentang sinetron terbaru yang sedang tayang ataupun yang akan tayang. Di dalam sinetron ini akan dibahas tentang para pemain dan juga proses dari pembuatan sinetron tersebut lengkap dengan foto-fotonya.

 

6.  Televisi

Menampilkan informasi tentang apa saja yang ada di dunia pertelevisian, baik program-program yang ditayangkan maupun selebritis yang berperan didalamnya. Selain itu, layangan berita Kapanlagi.com juga menjangkau segmen olahraga khususnya berita sepakbola yang dimuat dalam segmen kick n goal, politik, ekonomi, criminal, teknologi dan pernik.

 

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis

http://arif-novendi.blogspot.com/2011/09/artikel-ini-merupakan-lanjutan-dari.html
http://tantyniieezz.wordpress.com/2010/11/04/pengantar-bisnis-informatika/



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: